Ini Hasil Dialog Warga Mess Tanah Abang Dengan Pansus Aset DPR Papua

Spread the love

 Yonas Alfons Nussy Anggota Pansus Aset DPR Papua seusai Dialog / Foto : Roy Hamadi

Jurnal Mamberamo Foja, Jakarta – Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) mengadakan tatap muka sekaligus dialog bersama warga Papua yang menempati Mess Cendrawasih 1 Tanah Abang, Jakarta.

Pansus Aset yang di wakili oleh Yonas Alfons Nussy bersama dua staf ahli sebelumnya mengagendakan pertemuan dan menyebarkan undangan melalui ketua RT dan RW di Mess, kemudian menyepakati waktu untuk bertemu dan berdiskusi bersama, barulah diadakan pada hari Selasa, 27 Agustus 2024.

Dalam pertemuan yang diinisiasi oleh Pansus Aset Dewan ini sesungguhnya juga sudah dinanti sejak lama terkait kepastian domisili oleh warga penghuni Mess Cendrawasih 1, akan tetapi masih ada beberapa catatan yang meliputi Sejarah latar belakang Mess, selanjutnya terkait Ekonomi warga dan sosial yang sempat terungkap saat pertemuan bersama.

Sewaktu pertemuan berlangsung, banyak sekali unek-unek yang diungkapkan warga terkait keberlangsungan kehidudpan Orang Papua di Mess, baik tentang usia bangunan yang sudah tua, kemudian fasilitas pendukung seperti Air, Listrik yang sudah mulai di batasi, hingga kepada keamaanan di Mess Cendrawasih 1 atau yang akrab di sebut (MC63) Tanah Abang, Jakarta Pusat itu.

Ada juga sejumlah warga yang menyampaikan bagaimana jika pindah ke lokasi baru, otomatis mereka harus mulai dengan beradaptasi dengan lingkungan sekitar lagi, baik itu untuk anak sekolah, di Jakarta mereka mendapat Kartu Jakarta Pintar (KJP) oleh Pemda DKI.

Kemudian disampaikan juga bahwa di Jakarta ini 20 ribu sudah bisa makan, nanti disana bagimana. Selanjutnya terkait pekerjaan mereka hingga jaminan sossial laiinya pun turut di pertanyakan dalam diskusi bersama tersebut.

Kepada media ini, Yonas Alfons Nussy, Anggota DPR Papua mengatakan bahwa sesuai dengan surat dari ketua DPRP kepada keluarga ikatan Mess Cendrawasih Jakarta juga ketua RW dan RT setempat dalam rangka rapat koordinasi bersama.

“ Terkait dengan asset yang dimiliki oleh Pemprov Papua, dalam fungsi tugas dewan melakukan pengawasan, dianggap sangat perlu dibangun komunikasi bersama terkait apa saja yang menjadi harapan warga tentang upaya  Pemprov dalam menertibkan asset, ungkap Yonas.

Setelah melakukan pertemuan menurutnya, dari berbagai aspirasi yang masuk, telah dilakukan pencatatan dengan baik untuk kemudian diteruskan kepada pimpinan dewan sebagai masukan warga kepada DPR menyangkut upaya Pansus Aset bersama Eksekutif melakukan koordinasi untuk menyelesaikan persoalan asset di Mess Cendrawasih 1 Tanah Abang.

“ Dari aspirasi yang terungkap oleh warga mess, akan di godok kembali oleh pansus kemudian di serahkan kepada pimpinan dewan untuk disetujui, “ terang anggota DPRP jalur pengangkatan ini.

Yonas sampaikan terkait dengan relokasi warga Mess setempat, telah dikomunikasikan dengan baik sehingga harapan-harapan warga juga pemerintah daerah Papua bisa terbangun kebersamaan untuk menyelesaikan persoalan ini.

“ Setelah melakukan pertemuan bersama barulah terungkap ini hati dari pada warga sangat di sambut baik. Dimana masyarakat kita yang ada di Mess sangat meresponinya dengna positif sekali sesuai dengan apa yang mereka harapkan, lanjut Yonas Nussy menjelaskan.

Suasana dialog di Mess / dari kiri,, Frans Rumbino (ketua RT) Hengki Ap, Dr. Novan Korwa (staf ahli), Yonas Alfons Nussy (anggota DPR Papua), Zahkeus Sabarofek (ketua Ikatan Keluarga Cendrawasih Tanah Abang), Benny Marthen Maran (ketua RW), dan Yan S Rumbiak (tokoh masyarakat) / Foto Roy Hamadi

“ warga sudah meresponi dengan baik sekalipun banyak sanggahan terkait relokasi, tetapi intinya adalah terjalin komunikasi yang efektif antara warga dengan DPR Papua mewakili Pemerintah Provinsi agar terbangun dengan baik, “ tutup Yonas.

Selanjutnya ketua IKCT Ikatan Keluarga Cendrawasih Tanah Abang (IKCT) Zahkeus Sabarofek mengatakan setelah menggelar pertemuan bersama Pansus Aset DPR Papua terkait kemana warga Mess nantinya, telah berjalan dengan baik. Zakeus akui bahwa memang tadi ada ribut-ribut tapi itu dinamika, dimana proses menyelesaikan masalah pasti menghadapi hal-hal tersebut.

Ketua IKCT sangat berterima kasih kepada Bapa Yonas Nussy dan tim mewakili Pemerintah Papua boleh hadir di tengah-tengah mereka selaku warga Mess hingga membangun dialog, semoga apa yang di sampaikan dalam bentuk aspiraasi tadi, bisa diterjemanhakn lagi ke tingkat pinpinan Dewan agar disikapi segera.

“ Kami mewakili warga Mess bersyukur karena boleh bertemu perwakilan pemprov Papua dalam hal ini bapa Yonas Nussy, sekalipun tadi sempat tegang tapi bisa diatasi dan pertemuan ini telah berlangsung dengan baik, beber Zakeus Sabarofek.

Ditempat yang sama, ketua RT di Mess Tanah Abang, Frans Rumbino mengatakan bahwa melihat pertemuan maupun dialog antara pihak DPR Papua dengan warga mess tadi ada beberapa, kritik saran dari penghuni Mess, tapi menurut Frans itu masukan.

Pria yang akrab di sapa Frans Sisir ini juga harapkan agar apa yang menjadi masukan tadi bisa ditindaklanjut kepada pimpinan dewan maupun pemerintah daerah provinsi Papua, agar boleh segera di respon.

“ Yah memang tadi ada sempat terdengar kritikan yang suarakan oleh warga Mess, tapi kiranya bapa dewan dorang bisa jadikan itu sebagai masukan. Kemudian hasil dari pertemuan ini bisa ditindak lanjuti ke tingkat yang lebih tinggi, agar dapat di respon segera,” terang Frans Sisir.

Frans ungkapkan bahwa sebagai manusia kita berfikiran positif saja, supaya Tuhan bisa buka jalan terkait apa yang menjadi perjuangan kita. Dimana warga juga tidak bisa melakukannya sendiri tetapi harus bermitra, baik itu dengan legislative maupun eksekutif. Jadi tidak bisa duduk rumuskan sendiri-sendiri saja tetapi harus duduk bersama untuk membahas terkait kepindahan warga ini.

“ Diakuinya bahwa memang susah kalo kita warga mess saja yang berpikir, tetapi ketika bisa duduk bersama dengan pemerintah dalam hal ini Pansus Aset DPR ini bisa menjaring aspirasi kemudian di teruskan kepada pimpinan dewan untuk segera ditindaklanjuti, “ ungkapnya.

Ditambakah Frans bahwa pada prinsipnya semua mendukung, termasuk pihaknya sebagai ketua RT bahwa telah terjadi banyak perubahan atau perkembangan-perkembangan yang sangat berdampak, tetapi dengan kehadiran pemprov Papua dalam hal ini Pansus Aset boleh duduk sama-sama menyelesaikan persoalan ini.

“ Sebagai ketua RT setempat, Frans melihat bahwa semua mendukung pertemuan itu, dan banyak warga yang antusias meresponi pertemuan ini, dengan harapan bisa ada perubahan untuk menyelesaikan persoalan itu, jelasnya.

Menjadi harapan warga MC63 dan warga Papua di Jakarta supaya kita sama-sama berdoa, agar kedaulatan Tuhan mengambil alih semua rencana yang telah di bahas ini, supaya janganlan di plintir sana sini. Tetapi jika ada cahaya terang mari kita sama sama ikuti cahaya itu.  (RH)

admin web

Related Posts

Yimin Weya Dilantik Sebagai Penjabat Sementara Bupati Mamberamo Raya

Spread the love

Spread the loveDok ist/ Pj Gubernur Papua Mayjen.Purn. Ramses Limbong melantik Yimin Weya dan Triwarno Purnomo sebagai Pjs. Bupati Mamberamo Raya dan Waropen. Jurnal Mamberamo Foja, Jayapura – Penjabat (Pj)…

Direktur SSQ Trigana Air Mengaku Sangat Bersyukur 42 Penumpang Selamat, Sekalipun Pesawat Rusak Berat

Spread the love

Spread the loveCaption Foto: Kondisi pesawat Trigana PK YSP ATR 42-500 yang mengalami kecelakaan di Bandara Kamanap Serui, Senin, (9/9) *Kami belum dapat kabar terkait penyebab pesawat tergelincir Jurnal Mamberamo…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You Missed

Kampanye di Sabron Sari, Paslon 04 JODA Berkomitmen Perbaiki Ekonomi Rakyat

Kampanye di Sabron Sari, Paslon 04 JODA Berkomitmen Perbaiki Ekonomi Rakyat

3 Ondoafi Besar Dukung Yanni – Jemmi di Pilkada Sarmi

3 Ondoafi Besar Dukung Yanni – Jemmi di Pilkada Sarmi

Peringati Hari Batik Nasional, Amelia Ibo Toam Ajak Masyarakat Bangga Pakai Batik Papua

Peringati Hari Batik Nasional, Amelia Ibo Toam Ajak Masyarakat Bangga Pakai Batik Papua

Tiga Sekolah di Papua Raih Adiwiyata Nasional Dari Kementrian LHK

Tiga Sekolah di Papua Raih Adiwiyata Nasional Dari Kementrian LHK

Dukungan ke Paslon Algito Terus Mengalir Dari Perempuan Algito Center

Dukungan ke Paslon Algito Terus Mengalir Dari Perempuan Algito Center

Masyarakat Pantai Barat Siap Menangkan Paslon Yanni-Jemmi di Pilkada Sarmi

Masyarakat Pantai Barat Siap Menangkan Paslon Yanni-Jemmi di Pilkada Sarmi