Dorong Minat Masyarakat Bertani, Asisten II Menanam Cabe dan Bawang di Kampung Sosiri

Spread the love

Caption foto : Pj. Bupati Jayapura, Ir. Semuel Siriwa, M.Si yang diwakili Asisten II Setda merangkap Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura, Dra. Delila Giay, M.Si bersama para pihak sedang melakukan penanaman cabe dan bawang di kebun miliki Kelompok Tani(Poktan) Bethsos, Kamis (22/8).

 

Jurnal Mamberamo Foja, Sentani – Guna mendorong minat masyarakat Kabupaten Jayapura untuk bertani, Pj. Bupati Jayapura, Ir. Semuel Siriwa, M.Si yang di wakili Asisten II Setda Kabupaten Jayapura Bidang Ekonomi Pembangunan yang juga sebagai Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura, Dra. Delila Giay, M.Si mewakili Pj. Bupati Jayapura melakukan penanaman tanaman cabe dan bawang di kebun milik Kelompok Tani(Poktan) Bethsos Jemaat GKI Bethania Sosiri, di Kampung Sosiri, Distrik Waibu, Kamis (22/08/2024).

Dalam arahnya, Asisten II Setda Kabupaten Jayapura mengatakan, apa yang dilakukan oleh Jemaat GKI Bethania Sosiri dengan membuka lahan pertanian merupakan sebuah langkah tepat dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga jemaat yang juga sebagai bagian dari masyarakat Kabupaten Jayapura.

Dikatakan, kehadiran pihaknya dalam proses penanaman cabe dan bawang ini menjadi daya dorong lahirnya minat masyarakat di Bumi Khenambai Umbay untuk tekuni sektor pertanian, terutama mengembangkan usaha-usaha tanaman hortikultura, sehingga hasilnya bisa di pasarkan untuk menjawab kebutuhan ekonomi keluarga.

“Sebagai pemerintah, terkhusus kami dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura kedepan akan memberikan dukungan kepada Poktan Bethsos untuk mengembangkan kebun jemaat yang sedang di kerjakan ini. Upaya awal yang hendak kami lakukan adalah, menfasilitasi Poktan Bethsos terdaftar secara resmi di kementerian pertanian,” ujarnya.

Dok ist/ Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura, Dra. Delila Giay, M.Si foto bersama para pihak di kebun Kelompok Tani(Poktan) Bethsos, Kamis (22/8).

Dirinya juga mengajak, pengurus dan anggota Poktan Bethsos untuk tidak merasa puas dengan hasil saat ini, tetapi teruslah giat dan termotivasi untuk membuka lahan-lahan berikutnya untuk di tamani lagi jenis tanaman bernilai ekonomis lainnya.

Sementara itu, Ketua Poktan Bethsos yang juga sebagai Ketua Jemaat GKI Bethania Sosiri, Pdt. Yos Enthong, S.Th menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura lewat Asisten II Setda Kabupaten Jayapura yang boleh berkenaan hadir melakukan penanaman cabe dan bawang.

Dirinya juga menitipkan ucapan terima kasih jemaat kepada Pj. Bupati Jayapura, Ir. Semuel Siriwa, M.Si karena beberapa bulan lalu dalam kapasitasnya sebagai Kepala Dinas Pertanian Provinsi Papua memberikan bantuan bibit jagung, kacang tanah, dan beberapa jenis tanaman lainnya kepada jemaat-jemaat di Lingkungan Klasis Waibu Moi termasuk Jemaat GKI Bethania Sosiri.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Yayasan Bina Tani Sejahtera yang menjadi mitra Poktan Bethsos selama ini. Ada banyak transfer ilmu dan teknologi yang sudah dilakukan oleh pihak yayasan kepada pengurus dan anggota Poktan dalam rangkah pengolahan lahan sampai dengan penanaman.

Dok ist/ Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura, Dra. Delila Giay, M.Si bersama para pihak sedang melakukan penanaman cabe dan bawang di kebun miliki Kelompok Tani(Poktan) Bethsos, Kamis (22/8).

“Berawal dari bantuan bibit Dinas Pertanian Provinsi Papua waktu itu, kemudian timbul tindakan kami di jemaat untuk membuka kebun, dan hasilnya seperti hari ini terlihat bahwa ada lahan seluas ini yang kami siapkan untuk menanam beberapa jenis tanaman hortikultura,” ungkap Mantan Ketua Klasis Waibu Moi ini.

Pihaknya, lanjut Pdt. Entong, tidak menampik tapi mengakui bahwa dukungan pemerintah untuk pengembangan kebun milik jemaat ini sangat dibutuhkan. Sebab itu, diharapkan agar dinas terkait selalu ada untuk petani dalam Poktan Bethsos ini.

“Jika di hari ini penanam di hadiri oleh Ibu Asisten II, maka untuk panen juga kami berharap ibu berkenan hadir untuk lakukan panen bersama nanti,” harap Ketua Jemaat GKI Bethania Sosiri. (Fan)

admin web

Related Posts

Pemkab Canangkan Gerakan Peduli Lingkungan Jayapura Bersih

Spread the love

Spread the love  Dok ist/ Penjabat Bupati Jayapura Semuel Siriwa bersama unsur Forkopimda saat melepas 15 truk dan mobil sampah untuk mengawali pembuangan sampah ke TPA Waibron Distrik Sentani Barat…

Jadi Inspektur Apel Kesaktian Pancasila, Ini Harapan Pj Bupati Jayapura

Spread the love

Spread the loveCaption Foto: Apel peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Semuel Siriwa yang bertindak sebagai Inspektur dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You Missed

Kampanye di Sabron Sari, Paslon 04 JODA Berkomitmen Perbaiki Ekonomi Rakyat

Kampanye di Sabron Sari, Paslon 04 JODA Berkomitmen Perbaiki Ekonomi Rakyat

3 Ondoafi Besar Dukung Yanni – Jemmi di Pilkada Sarmi

3 Ondoafi Besar Dukung Yanni – Jemmi di Pilkada Sarmi

Peringati Hari Batik Nasional, Amelia Ibo Toam Ajak Masyarakat Bangga Pakai Batik Papua

Peringati Hari Batik Nasional, Amelia Ibo Toam Ajak Masyarakat Bangga Pakai Batik Papua

Tiga Sekolah di Papua Raih Adiwiyata Nasional Dari Kementrian LHK

Tiga Sekolah di Papua Raih Adiwiyata Nasional Dari Kementrian LHK

Dukungan ke Paslon Algito Terus Mengalir Dari Perempuan Algito Center

Dukungan ke Paslon Algito Terus Mengalir Dari Perempuan Algito Center

Masyarakat Pantai Barat Siap Menangkan Paslon Yanni-Jemmi di Pilkada Sarmi

Masyarakat Pantai Barat Siap Menangkan Paslon Yanni-Jemmi di Pilkada Sarmi