Disambut Adat, Pj Bupati Semuel Siriwa: Saya Takut Disebut Tak Tahu Adat

Spread the love

(CAPTION FOTO): Nampak Pj Bupati Jayapura Semuel Siriwa ketika disambut adat Suku Sentani saat tiba di Obhe (Pendopo Adat) Raiklhebey, Kampung Ifar Besar, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu, 21 Agustus 2024

*Tiba di Obhe Ifar Besar, Semuel Siriwa Dinobatkan Sebagai Anak Adat

Jurnal Mamberamo Foja, Sentani – Ondofolo, Khose dan masyarakat adat Heaiseai Yomoheai Ifar Besar menggelar acara penyambutan secara adat Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Ir. Semuel Siriwa, M.Si., di Obhe (Pendopo Adat) Raiklhebey, Kampung Ifar Besar, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu, 21 Agustus 2024.

Penyambutan secara adat oleh Ondofolo, Khose dan masyarakat adat Ifar Besar ini sebagai bentuk menepati janji terhadap Semuel Siriwa usai dilantik sebagai Pj Bupati Jayapura yang langsung melakukan pertemuan dengan para Ondofolo, Khose dan masyarakat adat pada Jumat, 16 Agustus 2024 lalu di Obhe (Pendopo Adat) Raiklhebey, Kampung Ifar Besar, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Tiba di Obhe (Pendopo Adat) Raiklhebey Kampung Ifar Besar, Pj Bupati Jayapura Semuel Siriwa disuguhkan dengan prosesi adat penjemputan tamu usai enam hari dirinya menjabat sebagai orang nomor satu di Bumi Khenambay Umbay setelah sebelumnya dilantik oleh Pj Gubernur Papua Ramses Limbong dengan berupa tari-tarian adat Suku Sentani dan juga pemasangan topi Mahkota khas Papua maupun tas Noken oleh Ondofolo Kampung Ifar Besar Alfius Imerson C. Nicolaas Joku.

Mewakili Tokoh Masyarakat, Adolf Yoku didampingi Ondofolo Ifar Besar, Alfius Imerson C. Nicolaas Joku, para Khose dan Abhu Afaa serta tokoh adat lainnya ketika memberikan keterangan pers usai kegiatan penyambutan di Obhe Raiklhebey Ifar Besar, Distrik Sentani itu mengatakan, acara penyambutan ini dilakukan tidak lain untuk menyambut Semuel Siriwa sebagai Pj Bupati Jayapura yang baru dilantik pekan lalu.

“Jadi baru di tanggal 15 Agustus lalu dilantik, tetapi sebelum dilantik banyak bermunculan isu-isu seperti masyarakat tidak terima atau penolakan, ada juga sebut belum selesai kenapa harus ada pergantian. Sehingga apa yang terjadi ditengah masyarakat itu, kami menggangap hanya semacam missed komunikasi saja,” kata Adolf Yoku, Rabu, 21 Agustus 2024.

Menanggapi hal tersebut, sambung Ketua KTNA Kabupaten Jayapura ini, “Kami berinsiatif dengan Ondofolo Ifar Besar bersama para kepala suku duduk membicarakan hal itu, apalagi Pj Semuel Siriwa ini datang ditugaskan, untuk menyelesaikan sisa-sisa pekerjaan dalam rangka Pilkada termasuk pekerjaan-pekerjaan lain yang belum dituntaskan dilingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura,”.

“Pada kegiatan penyambutan ini, kami juga mengumpulkan seluruh Ondofolo yang ada disekitar Danau Sentani, mulai dari Sentani Timur, Sentani Tengah dan Sentani Barat itu bertujuan untuk memperkenalkan Pj Bupati Jayapura Semuel Siriwa. Jika kami tidak buat seperti ini banyak yang tidak tahu bahkan tidak kenal dengan beliau,” ujar Mantan Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura ini.

Sementara itu ditempat yang sama, Ondofolo Ifar Besar, Alfius Imerson C. Nicolaas Joku menyatakan, bahwa prosesi penyambutan secara adat ini dibuat itu berarti dari sisi adat mendukung Semuel Siriwa sebagai Pj Bupati Jayapura, yang sekaligus agar kedepannya beliau lebih bisa merangkul tokoh adat termasuk tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan pemangku adat lainnya.

“Acara ini juga sebagai salah satu jembatan, untuk memperkenalkan beliau. Sebab, jika tidak dibuat, maka tidak akan kenal. Harapan kedepannya, terjalin kerjasama antara Pemerintah serta bersama masyarakat,” katanya.

Dok ist/ Nampak Pj Bupati Jayapura Semuel Siriwa ketika disambut adat Suku Sentani saat tiba di Obhe (Pendopo Adat) Raiklhebey, Kampung Ifar Besar, Sentani, Rabu, (21/8).

Sebelumnya, Pj Bupati Jayapura, Semuel Siriwa dalam sambutannya mengatakan, kegiatan penyambutan secara adat ini sebuah penghargaan yang luar biasa bagi dirinya, yang menerima hingga menobatkan dirinya sebagai anak adat.

“Walaupun saya numpang lahir di Toraja (Sulawesi Selatan), tetapi saya dari kecil sampai besar di Papua mulai dari sekolah sampai sekarang. Ada perasaan ketakutan sekali bila disebut anak tra tau adat. Jadi, ada yang sebut Pj Bupati ini tra tau adat, saya paling takut itu,” kata Semuel Siriwa.

“Makanya, saya menyampaikan rasa terima kasih atas penyambutan ini. Sebab, luar biasa bagi saya. Sekali kali lagi, saya ucapkan terima kasih kepada semua tokoh-tokoh adat yang telah menerima saya secara adat ditempat ini,” ujar Bupati Semuel Siriwa diakhir sambutannya. (Fan)

admin web

Related Posts

Pemkab Canangkan Gerakan Peduli Lingkungan Jayapura Bersih

Spread the love

Spread the love  Dok ist/ Penjabat Bupati Jayapura Semuel Siriwa bersama unsur Forkopimda saat melepas 15 truk dan mobil sampah untuk mengawali pembuangan sampah ke TPA Waibron Distrik Sentani Barat…

Jadi Inspektur Apel Kesaktian Pancasila, Ini Harapan Pj Bupati Jayapura

Spread the love

Spread the loveCaption Foto: Apel peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Semuel Siriwa yang bertindak sebagai Inspektur dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You Missed

Kampanye di Sabron Sari, Paslon 04 JODA Berkomitmen Perbaiki Ekonomi Rakyat

Kampanye di Sabron Sari, Paslon 04 JODA Berkomitmen Perbaiki Ekonomi Rakyat

3 Ondoafi Besar Dukung Yanni – Jemmi di Pilkada Sarmi

3 Ondoafi Besar Dukung Yanni – Jemmi di Pilkada Sarmi

Peringati Hari Batik Nasional, Amelia Ibo Toam Ajak Masyarakat Bangga Pakai Batik Papua

Peringati Hari Batik Nasional, Amelia Ibo Toam Ajak Masyarakat Bangga Pakai Batik Papua

Tiga Sekolah di Papua Raih Adiwiyata Nasional Dari Kementrian LHK

Tiga Sekolah di Papua Raih Adiwiyata Nasional Dari Kementrian LHK

Dukungan ke Paslon Algito Terus Mengalir Dari Perempuan Algito Center

Dukungan ke Paslon Algito Terus Mengalir Dari Perempuan Algito Center

Masyarakat Pantai Barat Siap Menangkan Paslon Yanni-Jemmi di Pilkada Sarmi

Masyarakat Pantai Barat Siap Menangkan Paslon Yanni-Jemmi di Pilkada Sarmi