Sehari Dilantik, Pj Bupati Lakukan Pertemuan dengan Ondofolo dan Masyarakat Ifar Besar

Spread the love

(CAPTION FOTO): Suasana Pertemuan Ondofolo, Khose (Kepala Suku) dan Masyarakat Ifar Besar dengan Pj Bupati Jayapura Samuel Siriwa, di Obhe (Pendopo Adat) Raiklhebey, Kampung Ifar Besar, Sentani Jumat, (16/8)

Jurnal Mambramo Foja, Sentani – Sehari setelah resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Jayapura oleh Pj Gubernur Papua, Samuel Siriwa langsung melakukan pertemuan dengan Ondofolo, Khose dan masyarakat Kampung Ifar Besar, di Obhe (Pendopo Adat) Raiklhebey, Kampung Ifar Besar, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat, 16 Agustus 2024.

Pj Bupati Jayapura yang baru inipun menyambangi langsung para Ondofolo dan Khose itu sekitar pukul 13.00 WIT, untuk membahas prosesi penyambutan Samuel Siriwa secara adat pada Selasa, 20 Agustus 2024 pasca dilantik.

Sebagai informasi prosesi penyambutan secara adat ini akan dilakukan Ondofolo, Khose (Kepala Suku) dan masyarakat Kampung Ifar Besar mulai dari Obhe Raiklhebey hingga menuju Kompleks Perkantoran Gunung Merah, Kantor Bupati Jayapura, Papua.

Adolf Yoku mewakili Tokoh Masyarakat mengatakan, pada saat prosesi penyambutan secara adat itu semua elemen adat diundang di Kabupaten Jayapura, guna dimaksudkan menunjukkan Pj Bupati Jayapura Samuel Siriwa yang baru dilantik oleh Pj Gubernur Papua. Lanjut Adolf Yoku, katanya, adapun elemen adat yang diundang adalah MRP, LMA, tokoh-tokoh adat termasuk juga dari masyarakat Paguyuban Nusantara.

“Para Ondofolo saat ini lagi sedang membahas bersama-sama terkait pelaksanaan acara penyambutan adat terhadap Pj Bupati Jayapura yang baru, sekaligus menobatkannya sebagai anak adat Khenambay Umbay,” sebut Adolf Yoku didampingi Pj Bupati Jayapura Samuel Siriwa dan Ondofolo Kampung Ifar Besar Alfius Imerson C. Nicolaas Joku, di Pendopo Raiklebey Kampung Ifar Besar, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat, 16 Agustus 2024.

Senada dengan itu, Ondofolo Kampung Ifar Besar, Alfius Imerson C. Nicolaas Joku mengungkapkan, sebagai koordinator penyambutan secara adat diseluruh suku diwilayah adat Kampung Ifar Besar (Sentani) ini, juga sekaligus ajang memperkenalkan Pj Bupati Jayapura yang baru kepada semua orang.

“Makanya, diharapkan semua terjalin koordinasi yang baik dan bekerjasama dengan baik, untuk kelancaran acara penyambutan secara adat tersebut, apalagi batas waktu Pj Bupati Jayapura ini tidak lama. Sehingga kami harapkan bisa menyelesaikan hal-hal yang baik dan bekerjasama dengan masyarakat dan seluruh elemen adat,” imbuhnya.

“Namun pada intinya, sambung Ondo Alfius Imerson, tidak hanya penyambutan secara adat saja. Akan tetapi, juga diantarkan langsung ke Gunung Merah (Kantor Bupati Jayapura),” cetusnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Samuel Siriwa mengaku sangat terharu sekali, kemudian kalau belajar adat. Ini sudah tatanan yang memang harus dilakukan. Sebab, dalam perjalanannya kita akan saling memberi dan saling mengisi dengan menyatu seperti ini.

“Pemerintah tidak bisa jalan sendirian, harus bersama dengan adat, agama dan seluruh masyarakat, termasuk pemuda dan perempuan. Jadi kita harus jalan bersama-sama, ini adalah hal yang luar biasa untuk memulai suatu pekerjaan. Walaupun waktu saya disini sangat singkat sekali,” ucap Samuel Siriwa. (Fan)

admin web

Related Posts

Pemkab Canangkan Gerakan Peduli Lingkungan Jayapura Bersih

Spread the love

Spread the love  Dok ist/ Penjabat Bupati Jayapura Semuel Siriwa bersama unsur Forkopimda saat melepas 15 truk dan mobil sampah untuk mengawali pembuangan sampah ke TPA Waibron Distrik Sentani Barat…

Jadi Inspektur Apel Kesaktian Pancasila, Ini Harapan Pj Bupati Jayapura

Spread the love

Spread the loveCaption Foto: Apel peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Semuel Siriwa yang bertindak sebagai Inspektur dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You Missed

Kampanye di Sabron Sari, Paslon 04 JODA Berkomitmen Perbaiki Ekonomi Rakyat

Kampanye di Sabron Sari, Paslon 04 JODA Berkomitmen Perbaiki Ekonomi Rakyat

3 Ondoafi Besar Dukung Yanni – Jemmi di Pilkada Sarmi

3 Ondoafi Besar Dukung Yanni – Jemmi di Pilkada Sarmi

Peringati Hari Batik Nasional, Amelia Ibo Toam Ajak Masyarakat Bangga Pakai Batik Papua

Peringati Hari Batik Nasional, Amelia Ibo Toam Ajak Masyarakat Bangga Pakai Batik Papua

Tiga Sekolah di Papua Raih Adiwiyata Nasional Dari Kementrian LHK

Tiga Sekolah di Papua Raih Adiwiyata Nasional Dari Kementrian LHK

Dukungan ke Paslon Algito Terus Mengalir Dari Perempuan Algito Center

Dukungan ke Paslon Algito Terus Mengalir Dari Perempuan Algito Center

Masyarakat Pantai Barat Siap Menangkan Paslon Yanni-Jemmi di Pilkada Sarmi

Masyarakat Pantai Barat Siap Menangkan Paslon Yanni-Jemmi di Pilkada Sarmi