Tokoh Pemuda Tabi di Kabupaten Jayapura Dukung MDF Dalam Pilgub Papua

Spread the love

(CAPTION FOTO): Tokoh Pemuda Tabi yang juga Mantan Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Kabupaten Jayapura, Jimmy Yoku

Jurnal Mamberamo Foja, Sentani – Kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua 2024 mulai menghangat. Sejumlah nama mulai mencuat dalam bursa kandidat calon gubernur (Cagub) Papua, salah satunya yakni Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Derek Fakhiri (MDF).

Kali ini, dukungan terhadap Irjen Pol Mathius Derek Fakhiri untuk maju Cagub Papua pun semakin menguat, terutama dari kalangan tokoh pemuda yang berada di Tanah Tabi, khususnya di Kabupaten Jayapura yang memandang Irjen Pol Mathius Derek Fakhiri sebagai pemimpin yang amanah.

Masuknya, nama orang nomor satu di institusi Polda Papua itupun didukung oleh salah seorang Tokoh Pemuda Asal Tanah Tabi, yakni Jimmy Yoku.

Dirinya beranggapan bahwa sosok Kapolda Papua yang tegas, tapi humanis cocok untuk menjadi pemimpin Papua berikutnya.

Jimmy Yoku selaku Tokoh Pemuda di Tanah Tabi ini, memberikan dukungan penuh agar Irjen Pol Mathius Derek Fakhiri maju dalam kontestasi Pilgub Papua 2024 mendatang.

Jimmy Yoku menuturkan, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Derek Fakhiri dianggap memiliki track record dan juga pengalaman bagus selama memimpin Polda Papua.

“Pak Mathius Fakhiri mau maju sebagai Gubernur Papua, saya selaku pemuda dan juga tokoh pemuda Tabi siap mendukung dan juga siap memenangkan pak Mathius Fakhiri di Pilgub Papua,” ucap Jimmy Yoku ketika memberikan keterangan pers di Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa, 30 Juli 2024.

Ia beranggapan sosok Kapolda Papua Mathius Derek Fakhiri yang tegas, tapi humanis cocok untuk menjadi pemimpin Papua berikutnya.

“Menurut saya, sosok calon gubernur yang pantas memimpin Papua adalah pak Mathius Derek Fakhiri. Kenapa saya harus sampaikan seperti itu, karena di era kepemimpinan beliau ada beberapa perubahan dari terobosan yang dilakukan beliau,” jelas pria yang juga Mantan Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Kabupaten Jayapura ini.

Menurut pria yang akrab disapa Jimmy ini, perubahan dari terobosan yang dilakukan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Derek Fakhiri dalam kuota penerimaan anggota Polri.

“Kita bisa lihat dari salah satu perubahan yang dilakukan beliau itu, dalam hal kuota penerimaan anggota Polisi yang awalnya hanya 300 orang. Namun beliau mampu memperjuangkan menjadi 2.000 orang siswa Polri. Itulah salah satu ruang untuk generasi millenial (muda) Papua untuk mendaftar sebagai calon anggota Polri,” ungkapnya.

Jimmy kembali mengatakan, Mathius Derek Fakhiri juga membuka peluang dari sisi umur mulai dari 2024 hingga 2028.

“Dan, khususnya di Papua itu ada umur yang belum bisa ikut tes dan jika tidak lolos tes di tahun ini, maka bisa ikut tes sampai tahun 2028. Jadi, itulah salah terobosan yang dilakukan beliau.

Pak Mathius Derek Fakhiri membuat terobosan dan ini sekaligus membuka peluang bagi generasi milenial atau generasi muda di Papua ini. Saya pikir hal itu pantas juga di lanjutkan, yaitu di pucuk pimpinan yang tinggi di daerah ini,” katanya.

“Pak MDF ini adalah sosok Kapolda Papua yang tegas tapi humanis dan bisa menginventarisir dari semua kalangan agama, terus beliau juga bisa melakukan komunikasi yang baik ke masyarakat adat. Kemudian, selama beliau menjadi Kapolda Papua juga tidak ada konflik-konflik yang menonjol di masa beliau. Karena beliau membangun komunikasi yang bagus di kalangan lintas agama maupun di masyarakat adat sendiri,” cetus Jimmy Yoku yang juga Ketua Pengcab Taekwondo Kabupaten Jayapura ini.

“Sehingga dari tokoh pemuda, kami lihat beliau ini pantas memimpin Papua. Karena dalam kepemimpinan beliau ini sangat tenang dan saya kira wajar menjadi Gubernur Papua. Harapan saya kedepannya itu, masyarakat juga sudah bisa melihat siapa yang bekerja dengan baik dan bekerja dengan jujur dengan membuka peluang dengan kesempatan pada generasi kita yang adalah generasi penerus,” sambungnya.

“Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mendukung penuh Kapolda Papua, pak Mathius Fakhiri yang akan maju sebagai bakal calon (Bacalon) Gubernur Papua. Terlepas dari suku atau agama manapun, mari kita sama-sama melihat sosok pak MDF ini. Karena beliau punya kepedulian untuk daerah ini, bagaimana memajukan daerah ini ke depan. Menurut saya itu yang penting, karena beliau sangat humanis dan bisa menjembatani semua kepentingan,” pungkas pria yang juga Tokoh Muda Tabi Asal Suku Sentani ini. (Fan)

admin web

Related Posts

Pemkab Canangkan Gerakan Peduli Lingkungan Jayapura Bersih

Spread the love

Spread the love  Dok ist/ Penjabat Bupati Jayapura Semuel Siriwa bersama unsur Forkopimda saat melepas 15 truk dan mobil sampah untuk mengawali pembuangan sampah ke TPA Waibron Distrik Sentani Barat…

Jadi Inspektur Apel Kesaktian Pancasila, Ini Harapan Pj Bupati Jayapura

Spread the love

Spread the loveCaption Foto: Apel peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Semuel Siriwa yang bertindak sebagai Inspektur dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You Missed

Kampanye di Sabron Sari, Paslon 04 JODA Berkomitmen Perbaiki Ekonomi Rakyat

Kampanye di Sabron Sari, Paslon 04 JODA Berkomitmen Perbaiki Ekonomi Rakyat

3 Ondoafi Besar Dukung Yanni – Jemmi di Pilkada Sarmi

3 Ondoafi Besar Dukung Yanni – Jemmi di Pilkada Sarmi

Peringati Hari Batik Nasional, Amelia Ibo Toam Ajak Masyarakat Bangga Pakai Batik Papua

Peringati Hari Batik Nasional, Amelia Ibo Toam Ajak Masyarakat Bangga Pakai Batik Papua

Tiga Sekolah di Papua Raih Adiwiyata Nasional Dari Kementrian LHK

Tiga Sekolah di Papua Raih Adiwiyata Nasional Dari Kementrian LHK

Dukungan ke Paslon Algito Terus Mengalir Dari Perempuan Algito Center

Dukungan ke Paslon Algito Terus Mengalir Dari Perempuan Algito Center

Masyarakat Pantai Barat Siap Menangkan Paslon Yanni-Jemmi di Pilkada Sarmi

Masyarakat Pantai Barat Siap Menangkan Paslon Yanni-Jemmi di Pilkada Sarmi